Sabtu, 14 Oktober 2017

Perbedaan Intel Core i3, i5 dan i7

Apa perbedaan antara Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7 secara rinci ?


Nama Inti (core ) itu sendiri agak menyesatkan. Semua CPU memiliki satu atau lebih dari beberapa core, dengan masing-masing inti menjadi prosesor itu sendiri. Prosesor Intel Core yang paling umum  biasanya memiliki dua core fisik (dual-core) dan juga dual core virtual (yang menyebut Intel Hyper-Threading) bahkan ada yang memiliki empat core fisik: quad-core. Jika Anda membeli Core i7 Extreme Edition, Anda bahkan akan menemukan hingga 12 core phyiscal. Core fisik lebih baik daripada core virtual dalam hal kinerja. Bahkan prosesor tersebut dipersenjatai dengan pengetahuan dasar yang mempunyai  banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan agar bisa mengatakan satu prosesor lebih baik dari yang lain.
Selama bertahun-tahun puncak dari nilai prosesor adalah selalu adalah clock speed, diukur dalam gigahertz (GHz). Namun  hari ini, dengan beberapa core dan trik lain seperti Hyper-Threading, prosesor dengan clock speed yang lebih rendah dapat mengungguli yang lain dengan core yang lebih besar dan bisa berjalan pada kecepatan yang lebih cepat.
Namun, sistem operasi dan perangkat lunak juga harus mendukung dan mengoptimalkan penggunaan dari prosesor tersebut dan tidak semua program, aplikasi dan game dikodekan untuk mengambil keuntungan penuh lebih dari satu atau dua core.
Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, generasi prosesor yang terbaru dari Intel saat ini yaitu Skylake . Generasi sebelumnya yakni Broadwell – Juga masih layak sebagai prosesor yang bisa anda beli untuk sebuah PC desktop . Sebelum itu ada generasi Haswell , Ivy Bridge dan Sandy Bridge . Generasi pertama dengan nama kode Nehalem . Kisaran Core i3 sepenuhnya adalah dual-core . i5 dan i7 semuanya  quad-core.

Apa perbedaan antara core i3, i5, i7: Turbo Boost ?

Turbo Boost adalah istilah pemasaran Intel untuk teknologi yang memungkinkan prosesor dalam meningkatkan inti clock speed setiap kali diperlukan. Jumlah maksimum Turbo Boost dapat meningkatkan kecepatan clock tergantung pada jumlah core yang aktif, dan konsumsi yang saat ini diperkirakan, jumlah konsumsi daya yang diperkirakan, dan suhu prosesor.
Prosesor Core i3 tidak memiliki Turbo Boost, namun Core i5 dan i7 sudah memilikinya seperti Core i7-6700, misalnya, memiliki dasar 3.4GHz, tetapi dapat diperbesar  hingga 4GHz.
Jika model prosesor berakhir dengan K, berarti itu biasanya bisa “dibuka” dan dapat di-‘overclock’. Hal  ini berarti Anda dapat memaksa CPU untuk berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari kecepatan dasarnya sepanjang waktu untuk kinerja yang lebih baik.

Apa perbedaan antara core i3, i5 , i7 : Ukuran Cache ?

Kinerja sebuah prosesor tidak ditentukan oleh kecepatan clock saja , meskipun pada umumnya begitu. Faktor-faktor lain seperti ukuran cache memory juga berperan. Ketika CPU menemukan hal itu dengan menggunakan data yang sama berulang-ulang, ia menyimpan data dalam cache . Cache bahkan lebih cepat daripada RAM , karena hal itu adalah bagian dari prosesor itu sendiri . Singkatnya, ukuran cache yang lebih besar sama dengan lebih baik . Chip Core i3 ( Skylake ) memiliki 3 atau 4MB , sedangkan i5s memiliki 6MB dan i7 memiliki 8MB .

Apa perbedaan antara core i3, i5, i7: Hyper-Threading?

Sebuah benang dalam hal komputasi adalah urutan instruksi yang diprogram CPU dalam memiliki ruang untuk memproses. Jika CPU memiliki satu inti, dapat memproses hanya satu thread dengan sekaligus, sehingga ia dapat melakukan satu hal sekaligus (seperti sebelumnya, itu sebenarnya lebih kompleks dari ini, tetapi tujuan di sini adalah untuk tetap sederhana dan mudah dipahami). Oleh karena itu, CPU dual-core dapat memproses dua thread sekaligus, quad-core empat thread sekaligus.
Sedangkan Teknologi Hyper-Threading adalah cara cerdas untuk membiarkan satu inti menangani beberapa thread. Sebuah Core i3 dengan Hyper-Threadingnya dapat memproses dua thread per inti yang berarti mampu menjalankan total empat thread yang  berjalan secara bersamaan. Saat ini Core i5 tidak memiliki Hyper-Threading sehingga hanya dapat memproses empat core. Berbeda dengan prosesor i7 yang memilikinya, hingga dapat memproses delapan thread  sekaligus. Dengan menggabungkan 8MB cache dan Turbo Boost Technology, Anda dapat melihat mengapa merupakan hal yang baik untuk memilih Core i7.

Apa perbedaan antara core i3, i5 , i7 : dari sisi grafis?


 Baru-baru ini , Intel telah mulai menempatkan GPU dengan chip grafis  sebagai bagian dari CPU daripada membuat chip terpisah yang dimiliki produsen motherboard . Skylake prosesor terbaru kini semua memiliki built-in HD Graphics 530 , dan semua memiliki frekuensi dasar 350MHz . Tapi hal itu tergantung pada model CPU , kecepatan tertinggi ( max . Frekuensi dinamis ) bisa mencappai  950MHz sampai ke 1.15GHz.

Apa perbedaan antara core i3, i5 , i7 : laptop atau Komputer Desktop ?

 Sangat penting untuk memahami bahwa ada perbedaan antara i3 , i5 dan i7 antara prosesor mobile dan desktop. Prosesor mobile harus bisa menyeimbangkan efisiensi daya dengan kinerja – kendala yang tidak benar-benar berlaku untuk chip desktop . Namun ketika Anda memilih laptop , faktor yang sama tetap  berlaku seperti untuk chip desktop yaitu  : jumlah core , thread , ukuran cache dan frekuensi clock . Pastikan Anda memeriksa spesifikasi sebelumnya  ketika anda akan  mengasumsikan bahwa prosesor tertentu tepat bagi Anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar